Jumat, 21 Juni 2013

Liburan Di Daerah Pedalaman, Kenali Aturan Mengambil Foto Suku Disana

Wisata di Indonesia sangat banyak apalagi jika berbicara mengenai kebudayaan dan suku-suku pedalaman yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Disana akan banyak acara budaya dan kegiatan sehari-harinya yang sangat sulit ditemukan diwilayah lainnya dan ingin dibadikan. Namun ternyata ada aturan mengambil foto suku pedalaman.

Banyak suku di Indonesia yang ada di Sabang sampai Merauke. Memiliki banyak adat dan kebudayaan yang berbeda yang menjadikan wisata di Indonesia semakin menarik warga Negara lain atau wisatawan di dunia untuk melihatnya lebih dekat, salah satunya dengan berfoto. Dan di tempat seperti ini terdapat aturan mengambil foto suku pedalaman.


Agustinus Wibowo memaparkan dalam bukunya tentang Asia Tengah, dia berbagi pengalaman saat berwisata di daerah pedalaman dan bertemu dengan suku-suku pedalaman. Dia banyak menjelaskan dan memberitahukan mengenai etika memotret suku pedalaman.

Para wisatawan harus berhati-hati dalam mengambil foto saat berwisata di daerah suku pedalaman. Biasanya mereka tidak mau bahkan merasa malu dan terganggu jika di foto, " Jika anda di pedalaman dan ingin mengabadikan gambar sebaiknya jangan asal mengambil gambar. Mereka bisa saja merasa risih, " ujar Agus.

Ada juga yang akan meminta uang jika anda mengambil foto mereka sembarangan dan biasanya mereka tidak tanggung-tanggung meminta uangnya. " Hal ini sering terjasi di India atau di Papua, banyak suku pedalaman yang meminta uang setelah difoto. Cara mereka meminta uang dengan mengikuti para turis yang memotret mereka, " papar pria yang banyak berwisata di Asia Tengah ini.

Jika mau mengambil foto ada baiknya minta izin terlebih dahulu. Sebelum melakukan wisata di daerah pedalaman ada baiknya mengenal lebih dekat suku-suku pedalaman tersebut. Jika mereka meminta uang sebaiknya tidak diberi. Di Afganistan atau Pakistan ada aturan tidak boleh mengambil foto wanita.


Di Afghanistan atau Pakistan, jika ingin mengambil gambar yang ternyata ada foto wanitanya harus dihapus atau meminta izin terhadap pria dari keluarga atau suaminya. Jadi selain dengan banyaknya budaya dan keragaman wisata di Indonesia, anda harus tahu aturan mengambil foto suku pedalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar