Senin, 24 Juni 2013

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Wisata Alam Dengan Anak

Liburan telah tiba dan saatnya untuk anak sekolahan menikmati liburan sekolahnya dengan orangtua. Namun terkadang memiliki buah hati yang masih kecil menjadikan pilihan tempat wisata keluarga terbatas hanya karena tidak ingin menjadikan sang buah hati tidak nyaman dan liburan anak sulung anda pasti terganggu.

Sebenarnya anda dapat mengikutsertakan buah hati anda yang masih kecil untuk ikut menikmati alam bebas. Wisata alam bebas dapat menjadi tempat wisata keluarga dan hal ini menjadikan si kecil lebih dekat dengan alam, trekking, melihat satwa, bermain di pantai, mendaki gunung hingga bermalam di tenda.


Salah satu tempat wisata alam bebas di Indonesia yaitu laboratorium alam, yang menjadi suatu wadah untuk anak dalam belajar. Orangtua dapat mengajarkan si anak mengenai dasar-dasar teknik survival, navigasi, tentang satwa, tanaman dan batuan. Namun agar wisata menjadi berkesan dan berjalan baik, ada baiknya ikuti beberapa hal penting saat wisata alam dengan anak.

1. Catatan kesehatan

Perhatikan kesehatan anak anda. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi perjalanan wisata nantinya. Ini merupakan hal penting saat wisata alam dengan anak. Dengan mengetahui kesehatan si kecil, maka anda dapat memilih tempat wisata yang cocok anda dan keluarga lakukan.

2. Rencana menyenangkan

Tetap libatkan anak anda dalam rencana liburan keluarga anda. Ceritakan semua hal yang akan dilakukan selama berpetualang. Seperti bermain di sungai dan kubangan, berjalan di hutan, melihat binatang, dan bermalam di tenda. Biasanya balita akan sulit saat berada di tempat baru, buat hal menarik yang dapat membuat buah hati tidak bosan.

3. Mengenal tempat tujuan

Melakukan wisata alam bebas harus siap dengan perubahan yang akan terjadi. Biasanya suhu dan iklim akan cepat berubah. Persiapkan buah hati anda dengan keadaan seperti ini dan ajak dia ke tingkat perubahan iklim yang tidak ekstrim.

4. Peralatan

Melakukan wisata seperti ini biasanya pengelola akan menyediakan fasilitas yang diperlukan keluarga anda terutama anak anda. Hal ini pastinya akan memudahkan perjalanan liburan keluarga anda. Namun jika petualangan alam bebas tidak memakai pengelola, pastinya peralatan harus dipersiapkan. Terutama peralatan balita anda.

Hal penting saat wisata alam dengan anak lainnya adalah wisata keluarga dengan bertualang di alam bebas dengan si kecil bukan hanya berolahraga namun menumbuhkan kemandirian anda saat repot merawatnya di perjalanan. Dengan banyaknya alam Indonesia yang memesona menjadikan mereka mengenal budaya dan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar