Rabu, 03 Juli 2013

Tujuh Tips Rafting Untuk Pemula Dalam Wisata Arung Jeram

Wisata arung jeram atau rafting banyak diminati oleh para wisatawan, namun terkadang banyak yang ingin mencoba tapi terhalang dengan alasan tidak dapat berenang atau takut akan tantangannya. Wisata sekaligus olahraga ini memang mempunyai risiko, karena ini merupakan kegiatan yang menantang adrenalin.

Namun jika anda ingin mencoba dan merasakan wisata arung jeram, ada beberapa tips rafting untuk pemula yang akan dipaparkan dibawah ini. Jadi bagi anda yang ingin mencoba liburan yang menantang dengan berarung jeram, siapkan diri mengikuti tips berikut ini.


1. Kondisi tubuh

Untuk tips rafting untuk pemula seperti anda yang sudah menjadi peserta arung jeram, ada baiknya persiapkan tubuh yang sehat dan memberitahukan bahwa anda yang tidak dapat berenang kepada pemandu. Dan kondisi jalur yang akan dilalui akan dilihat melalui umur anda.

2. Pakaian

Gunakan celana pendek dan kaus katun yang nyaman. Untuk alas kaki, gunakan sandal gunung.

3. Perlengkapan

Untuk perlengkapan, gunakan helm dan jaket pelampung (life jacket). Pakai jacket yang sesuai dengan ukuran badan anda. Untuk helm, pastikan cocok dengan ukuran kepala dan pastikan tali helm pas di bawah dagu anda.

4. Pemanasan

Sebelum melakukan aktifitas ini, sebaiknya adakan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi deperti tangan Anda kram saat mendayung.

5. Posisi duduk

Posisi duduk anda tepatnya di tepi perahu karet. Hal ini berguna untuk penyeimbangan tubuh anda. Perhatikan posisi anda untuk memudahkan anda melakukan dayung. Gunakan kaki anda untuk menjepit kaki pada dasar perahu. Terdapat tempat khusus bagi kaki anda yang berguna untuk menjaga tubuh anda disaat goyang.

6. Dayung

Perhatikan pemandu saat mengajari anda teknik menggunakan dayung, penggunaanya sama dengan posisi duduk anda. Jika anda di sebelah kanan, pegang ujung dayung dengan telapak tangan kanan dan tangan kiri memegang tengah-tengah tongkat dayung.

7. Saat terjatuh

Jika saat melakukan Wisata arung jeram, perahu anda goyang dan terlempar ke sungai. Usahakan tetap tenang dan lakukan gerakan terlentak di sungai seperti sedang tidur. Ikuti arus sungai, dan tetap perhatikan apakah ada batu yang dapat anda jadikan pegangan. Namun biasanya, jika anda sulit berenang dan cukup jauh dari jarak perahu, anda dapat menggunakan tali sepanjang 20 meter. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar